Build a Significant Life

This is a sermon notes.

Preacher: Ps. Jeffrey Rachmat, Jakarta Praise Community Church.

Problem atau masalah adalah sebuah hal yang pasti. Karena itu, kita harus membangun iman kita di atas pondasi yang kuat agar tidak cepat ambruk. 
Ini dikatakan dalam Matius 16:18, "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."

Ada tiga hal penting yang harus kita punya untuk membangun kehidupan yang signifikan. Yaitu Church (Gereja), Bertobat, dan Bertransformasi.

Kata CHURCH berasal dari kata Ekklesia. Ek+Kaleo. 
Ek=Keluar. Kaleo=To Call. jadi Gereja adalah sekelompok orang yang dipanggil keluar. Keluar dari apa? Keluar dari dunia, untuk dibawa masuk dalam kerajaan Allah. 
Setiap hal ada hitam dan putih atau kebalikannya. Ada baik, ada jahat, ada suka, ada duka. Nah, karena kita ada di dalam terang,tentu otomatis kita ada potensi untuk masuk ke dalam kegelapan. Karena itu kita perlu born again.
Gereja adalah tentang membangun kehidupan. Bukan hanya membangun gedung yang tinggi dan megah, namun Gereja adalah bagaimana membangun kehidupan orang-orang yang ada di dalamnya.


Matius 4:17 (Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!")
Bertobat berasal dari kata Meta Noia. Meta=Change, Noia=Think. Jadi Meta Noia adalah perubahan pikiran. Bertobat artinya kita berubah untuk menjadi yang lebih baik. Change after being with Him. Karena kita sudah mengenal Tuhan dan apa yang Dia lakukan, maka tingkah laku kita pun harus menyerupai Dia meski tak sempurna. Inti Kekristenan itu adalah hubungan. Karena itu, kita harus mengubah cara berpikir kita. Janganlah kita berpikir seperti yang orang dunia pikir.

Roma 12:2 (Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.)
Transform: Metha+Morphoo. Meta=Berubah. Morphoo=Bentuk. Metamorfosa=Berubah bentuk.Kita harus berubah, kita bukanlah kita yang dulu lagi.
Transformasi memang tidak terjadi dalam satu hari saja. Ada proses dan tahapan yang harus dijalani. 
Mari kita bertransformasi dari ulat yang buruk, jelek, namun pelan-pelan jadi kupu-kupu yang indah. Kupu-kupu yang memberi inspirasi dan menjadi berkat bagi siapapun yang melihatnya. 

Efesus 4:17-25 :
(Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus.Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus,yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.)

Janganlah kita sama dengan dunia. Keluarlah dari kegelapan. Biarkanlah proses itu membentukmu dan mengubah cara berpikirmu. Yang diperbaharui itu Roh dan Pikiran. 


Hubungan dengan Kristus akan memberikan kita:
1. New Identity. Kita jadi ulat yang sedang berproses jadi kupu-kupu. Apapun yang terjadi, don't stop. Ikuti prosesnya, dan lihat Tuhan akan membawamu ke mana.
2. God's Plan and Purpose. Kini, kita jadi tahu apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Lihatlah dari sudut pandang kerajaan Allah. 
Yeremia 29:11 (Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.)
3. New Family/New Community. Kita akan menemukan orang-orang yang satu lingkup dan satu visi dengan kita. Karena apa? Karen akita adalah sesama anggota kerajaan Allah!

Bagaimana? Siapkah Anda mulai membangun kehidupan yang signifikan dan menjadi berkat buat orang lain yang ada di sekitar kita?


Penuh Kasih,
-Natasha-

Comments

Popular Posts